MATERI 5

 

MATERI 5

Ir. Arief Abdurrakhman  ST.MT


 Menumbuhkan Critical Thinking Ability 

Critical thinking berguna dalam melakukan kegiatan membaca, menulis, berbicara, mendengarkan, berdiskusi, dan sebagainya, untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Analisis yang kritis dapat meningkatkan pemahaman tentang suatu masalah.


Critical thinking diperlukan dalam hal memecahkan masalah, membuat keputusan, memutuskan siapa yang harus dipercaya, apa yang harus dilakukan, dan masih banyak lagi.

Sebagaimana telah dikemukakan di awal, bahwa saking pentingnya critical thinking masuk dalam salah satu skill yang penting untuk dimilki oleh seseorang di abad 21. Critical thinking akan menjadikan seseorang mandiri, ya mandiri dari segi intelektual. Artinya tidak melulu bergantung pada orang lain, tetapi mengambil kepemilikan penuh dalam memutuskan sesuatu.

Critical thinking membuat kita tetap up to date yang mana saat ini ekonomi didasarkan pada informasi dan teknologi yang berubah dengan cepat. Ada banyak informasi yang dapat diakses hanya dengan menggerakan jari-jari tangan. Memilah, menganalisis informasi dan memecahkan masalah secara sistematis membantu kita beradaptasi di tempat kerja, tidak terjebak dengan berita hoax, dan sekali lagi akan menjadi perisai pelindung dalam menyikapi berbagai hal yang ada.

Lihat juga blog teman saya : Rizqina Kautsarrani

unusa.ac.id


Komentar

Postingan populer dari blog ini

POST NEWS PRA 4 BToPH 2023

Post News Pra BToPH 2

PKKMB DAY 2 SOSIALISASI PROGRAM LPKS