MATERI 4

 

MATERI 4

Dr. Ginanjar Rahmawan  


Tantangan Mahasiswa terhadap Teknologi Industri  

(Artificial Intelligence)

Teknologi (Artificial IntelligenceAI atau kecerdasan buatan  mengalami perkembangan yang masif dari tahun ke tahun. Kehadirannya dengan fitur, fungsi, dan tampilan yang baru semakin berdampak pada banyak aspek kehidupan manusia tidak terkecuali dalam pendidikan (Luger dan Stubblefield, 1993). Kecerdasan buatan mulai mengambil peran dalam kegiatan pembelajaran di sekolah maupun perguruan tinggi (Mulianingsih, dkk. 2020). kecerdasan buatan menjadi bagian primer dalam tumbuh kembang teknologi pendidikan. Hal ini tentu memberikan implikasi secara eksplisit terhadap kehidupan kerja manusia di masa depan.

Penggunaan AI yang berlebihan berarti meragukan kecerdasan kita. Keterbatasan AI dalam akses data dan penggunaan bahasa. Menggunakan secara etis : kita menjadikan AI sebagai asisten, originalitas ada di otak kita, teknis ada di AI, menggunakan AI lebih produktif, menggunakan waktu efisien.

Diciptakannya kecerdasan buatan (Artificial Intellegence) bertujuan antara lain:

1. Diperkirakan AI akan digunakan untuk membuat perangkat lunak atau robot yang dapat membantu manusia dalam rutinitas sehari-hari.

2. Diperkirakan kehadiran AI akan membuat mesin lebih pintar dari sebelumnya.

3. Diharapkan dapat benar-benar membantu manusia dalam memecahkan masalah yang kompleks, seperti melalui pengembangan kalkulator pintar berhitung cepat.

Lihat juga blog teman saya : Rizqina Kautsarrani

unusa.ac.id




Komentar

Postingan populer dari blog ini

POST NEWS PRA 4 BToPH 2023

Post News Pra BToPH 2

PKKMB DAY 2 SOSIALISASI PROGRAM LPKS